Kamis, 25 Juni 2015

Agronomiku



Assalamualikum.Wr.Wb

Kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu tentang jurusan saya Agroteknologi/Agronomi.
Agroteknologi/Agronomi adalah ilmu bercocok tanam. Cabang penting ilmu-ilmu pertanian
ini merupakan salah satu ilmu terapan yang berbasis biologi/ botani yang mempelajari 
pengaruh dan manipulasi berbagai komponen biotik (hidup) dan abiotik (tidak hidup) terhadap 
suatu individu atau sekumpulan individu tanaman untuk dimanfaatkan bagi kepentingan manusia.

Agroteknologi/Agronomi merupakan salah satu cabang ilmu terapan dalam biologi yang 
mempelajari  pengaruh berbagai aspek biotik dan abiotik terhadap suatu individu atau sekumpulan individu tanaman untuk dimanfaatkan bagi kepentingan manusia.
Cakupan aspek biotik meliputi individu itu sendiri, individu lain yang sejenis, atau 
individu lain yang berbeda jenis. Cakupan aspek abiotik meliputi semua komponen 
tidak hidup yang mempengaruhi kehidupan individu yang dipelajari.
Orang sering menyamakan agronomi dengan ilmu pertanian 
(dalam arti sempit:hanya untuk tanaman). Agronomi lebih khusus mempelajari teknik bercocok tanam atau budidaya tanaman. Agroteknologi /Agronomi merupakan satu cabang sains pertanian yang memperkatakan
mengenai kajian tanaman dan tanah yang mana ia bertumbuh.  
Agroteknologi lebih mengarah pada pembelajaran dari teknologi pertanian dari segi 
budidaya tanaman, perlindungan tanaman dan media dari tanaman itu tumbuh. 
Jadi Agroteknologi ini lebih banyak mempelajari suatu teknologi bagaimana tanaman 
dapat tumbuh baik menghasilkan produk tinggi serta memberikan kemanfaatan 
pada lingkungan. Itulah sedikit ilmu dari saya, dan mengapa saya menggambil 
jurusan Agroteknologi/Agronomi karena saya lihat di Indonesia dalam penangan 
bidang pertanian seperti raskin, impor dan ekspor beras, dsb belumlah sangat maksimal. 
Ditambah lagi saya melihat sendiri bagaimana kualitas beras raskin yang diberikan 
pemerintah kepada masyarakat sangat tidak layak untuk dikonsumsi. 
Jadi, intinya saya ingin menjadi Menteri Pertanian RI agar saya dapat 
memperbaiki bidang pertanian di Indonesia agar menjadi lebih baik dari sebelumnya,
“SUCCES FOR US ALL”

Wassalamualikum.Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar